Minggu, 25 Juli 2010

Tips Tidur Nyenyak yang Lama

Mungkin sebagian dari kita ada yang merasa kurang tidur atau mungkin tidur tidak nyenyak.
Menurut yang saya baca dari DechaCare.com. Sebuah penelitian di Amerika mencatat bahwa
74% orang dewasa di Amerika mengalami masalah tidur beberapa hari dalam seminggu. Sebanyak
39% tidur kurang dari 7jam setiap malam, dan satu dari tiga orang mengantuk disiang hari.

Lalu bagaimana dengan kita sendiri? Atau mungkin saya sendiri.
Anda boleh percaya atau tidak, jika saya hanya tidur kurang dari 5jam setiap hari. Saya menghabiskan hampir
seluruh waktu saya berada didepan komputer. Dan itupun bukan keinginan saya sendiri, melainkan dikarenakan tuntutan
pekerjaan saya yang seorang WebDesigner. Memang pada awalnya saya merasa sangat terganggu dengan pola hidup seperti ini.
Akan tetapi setelah saya baca-baca beberapa artikel dari internet, dan melakukan tips-tips yang disebutkan disana, rasanya bagi saya sekarang tidur
kurang dari 5jam dalam sehari sudah cukup bagi saya. Baiklah sekarang mari kita kembali ke topik.

Para ahli menyarankan untuk tidur sekitar 7jam setiap malam. Namun ini tidak berlaku untuk setiap orang, ada beberapa orang yang hanya membutuhkan
6jam dalam semalam, bahkan ada beberapa juga yang tidur kurang dari 3jam dalam semalam.

Kurang tidur telah terbukti memperburuk kinerja yang melibatkan memori, pembelajaran, dan logika.
Ini tentu saja akan membuat pekerja berbuat kesalahan ditempat kerja, atau bahkan relasi dirumah akan menjadi berantakan.
Kurang tidur juga dapat menyebabkan peningkatan risiko penyakit diabetes, tekanan darah tinggi, kenaikan berat badan / kegemukan, dan bahkan depresi.


Ada beberapa cara sederhana untuk mendapatkan tidur nyenyak lebih lama yang saya dapatkan dari internet, yaitu sebagai berikut:

1. Hindari Menonton Televisi di Kamar Tidur
penelitian membuktikan bahwa orang yang sering mengalami gangguan tidur memiliki televisi dikamarnya.

2. Coba Bantal / Kasur Baru
pastikan bahwa kasur anda mendukung tubuh dengan benar, sehingga anda tidak akan merasakan nyeri punggung pada saat bangun tidur.
Atau jika tidak, ganti bantal sehingga terasa lebih segar dan baru.

3. Hindari Kafein di Sore dan Malam Hari
sekedar informasi, bahwa kafein 10 hingga 12 jam sebelum tidur dapat menyebabkan kesulitan tidur. Cobalah hindari teh, soda, cokelat, agar tidur lebih nyenyak.

4. Dengarkan Musik Relaksasi
membiasakan diri mendengarkan musik rileks dapat menjadi sinyal pada tubuh untuk bersiap tidur.

5. Coba Teknik Mind and Body
coba tenangkan pikiran dan tubuh dengan membuat ritual seperti mandi, meditasi, dan melakukan pose yoga untuk rileksasi dan menenangkan.
Pengulangan ritual itu akan memicu pikiran dan tubuh bahwa itulah saatnya untuk tidur dan rileks.

6. Coba Obat Tidur Alami
anda dapat mencoba teh bunga chamomile sebelum tidur atau menghirup wangi minyak esensial lavender untuk menenangkan pikirang, sehingga lebih mudah tertidur.

7. Hindari Merokok Sebelum Tidur
zat-zat berbahaya yang terdapat pada rokok dapat membuat anda tidur tidak nyaman.

Itulah beberapa tips dari saya, semoga dapat membantu anda-anda sekalian yang mengalami gangguan tidur, khususnya bagi para Otaku atau Otome
yang kebanyakan tidur malam karena menonton anime favoritnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Visitor Today